Bahaya Terlambat Ganti Oli Mobil dan mencegahnya

Memiliki mobil tentu menjadi impian banyak orang, terutama bagi penggemar otomotif agar memiliki suatu gaya tersendiri. Namun terlepas dari itu, jangan lupa juga bagaimana pentingnya menjaga kondisi performa baik luar dan dalam mobil tersebut. Salah satunya penggunaan oli untuk mesin dalam membuat setiap bagian tetap bekerja lebih baik. Mengenai hal tersebut, tentunya harga ganti oli ini bervariasi tergantung kebutuhan dan jenis.

Melihat banyaknya manfaat dari oli, pastinya berguna dalam menjaga kemampuan hingga bagian terkecil dari mesin. Untuk itulah mengapa mengganti secara rutin merupakan sebuah kebutuhan rutin untuk para pemilik mobil dalam menjamin kemampuan kinerja. Namun, tidak sedikit juga yang kurang memperhatikan pentingnya mengganti oli pada waktu tertentu ketika rutin digunakan.

Memahami Bahaya Telat Ganti Oli

Oli merupakan pelumas utama dan tidak bisa digantikan, oleh karenanya mengetahui setiap bahaya jika sampai telat mengganti hal tersebut sangat penting. Baik jenis mobil mesin baru atau lama juga perlu lebih memahami mengenai segi penggunaan rutin dari oli dan waktu gantinya. Terlebih lagi, saat sekarang memperhatikan detail tentang bagian mesin hingga terdalam melalui oli sangat penting.

Mengenai bahaya jika telat mengganti oli rutin ada sebagai berikut ini :

  1. Suhu mesin mudah meningkat

Bila anda pernah mendengar bahwa oli bisa memberikan kemampuan pendingin alami mesin, maka itu merupakan fakta mengenai kinerjanya. Secara tidak langsung, bisa diartikan jika terlalu sering telat ganti oli mobil maka akan berdampak dari kenaikan suhu pada bagian mesin hingga komponen. Oleh karenanya, mesin panas tersebut bisa menjadi sebuah gejala hingga terjadinya kebakaran di dalam.

  1. Komponen dalam rusak

Jika sudah mengalami kenaikan suhu, tentu akan berkesinambung lebih parah terhadap banyaknya komponen rusak pada mobil. Apalagi, bila sudah sering terjadi masalah oli hingga hitam mengental dan membuat bagian mesin menjadi sangat kotor ketika digunakan. Untuk itu, dampak paling parah adalah membuat usia dari mesin semakin pendek dan mudah rusak.

  1. Konsumsi bahan bakar berlebih

Tak bisa dipungkiri juga, bahwa kinerja setiap komponen dalam berpengaruh karena adanya oli hingga terhadap tarikan mesin. Jika gesekan pada mesin semakin berat, tentu salah satu efeknya membuat pembakaran terhadap bahan bakar juga bertambah besar. Oleh karena itu, secara perlahan akan membuat tidak nyaman karena motor tidak responsif.

  1. Mesin tidak bekerja maksimal

Ketika sudah merasakan bahwa mesin mengeluarkan suara besar dan tidak nyaman terlalu sering, itu merupakan tanda bahwa telat mengganti oli paling sering. Kemudian berjalannya waktu akan berdampak pada segi menurunnya kinerja mesin dalam durasi lama. Oleh karena itu, jangan sampai membuat mobil menjadi sulit untuk dinyalakan.

Bila anda tidak ingin terjadi hal semacam di atas menimpa mobil anda, maka pastikan agar selalu mengganti oli dengan rutin sesuai aturan. Karena jika terlalu sering terlambat saja, dampak dari hal tersebut akan menjadi cukup serius dan mempengaruhi kinerja mesin berkepanjangan. Memiliki mobil dengan performa sempurna dan stabil tetap menjadi keinginan siapapun pemilik mobilnya.

Tanda Mobil Sudah Butuh Ganti Oli

Bila pengguna mobil tidak tahu kapan atau lupa mengganti oli, sebenarnya ada beberapa tanda dimana sudah menjadi tanda jelasnya.  Untuk hal tersebut, berikut merupakan tanda yang perlu diperhatikan :

  1. Jumlah jarak tempuh terakhir

Secara umum, dalam suatu kali pergantian oli pada mobil akan memakan sekitar penambahan empat ribu hingga lima ribu kilometer. Hal tersebut tergantung seberapa tinggi kualitas oli serta seberapa tinggi pemakaian mobil secara umum. Bisa dipastikan juga bahwa bagian mesin sudah mengalami gesekan cukup besar dan menjadi sebuah standar sebelum diganti.

  1. Tanda peringatan

Untuk beberapa mobil modern, tentu sudah mendapatkan berbagai sisi tambahan fitur seperti tanda butuh ganti oli. Ini tentu sangat membantu para pengguna agar selalu ingat terhadap waktu untuk pemeriksaan mesin sendiri maupun penggantian oli. Mengenai hal tersebut, tentunya akan berguna dalam mencegah berbagai calon kerusakan yang bisa terjadi.

Karena begitu pentingnya mengganti oli maupun memeriksa bagian mesin untuk mencegah kerusakan, maka pastikan menggunakan jasa terbaik. Salah satunya bisa melalui situs otomall.id, terutama bagi pemilik mobil ketika ingin ganti oli Tangerang atau Jabodetabek. Kemudahan berupa harga terjangkau, banyaknya garansi, serta menjamin keaslian komponen adalah tujuan utama disini.

By admin